www.bininfor.com

Bintang Informasi Rakyat

Perjalanan Karier Kuyung Rusli selaku PNS di Kabupaten Musi Banyu Asin.

Perjalanan Karier Kuyung Rusli selaku PNS  di Kabupaten Musi Banyu Asin.

(Kepala-Dinas-Perkebunan-Muba-Rusli)

Muba,bininfor.com-Ada ungkapan sederhana yang mengatakan siapa yang menanam dia jua akan memetik hasilnya, Sama halnya dengan hiruk pikuk perjalan karier Kuyung Rusli berkiprah dipemerintahan Kabupaten Muba, mulai sebagai honorer hingga menjabat sebagai Kepala Dinas Perkebunan di kabuaptem yang mempunyai motto daerah MUBA SMART.

Rusli. Sp. MM selaku Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Muba atau lazim dipanggil (Kuyung Rusli) salah satu putra daerah kelahiran  30 Septermber 1959, di Sekayu, sejak tahun 1980 hingga sekarang 2011 mengabdikan dirinya di Kabuapaten yang mempunyai motto Daerah MUBA SMART, panggilan Kuyung merupakan ciri has panggilan kepada asli putra daerah Sekayu, Kuyung Rusli mulai pendidikan Sekolah Dasar (SD) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Sekolah Menegah Atas (SMA), di tempuhnya dalam Kabupaten Muba. Kuyung Rusli menyelesaikan pendidkan menengah atas  ke SPMA Sumbawa, yang masih merupakan daerah kabupaten Muba ketika dulu. sekarang Sumbawa menjadi bagian dari Kabupaten Banyu Asin Pangkalan Balai pemekaran dari Kabupaten Muba.

Riwayat pendidikan Kuyung Rusli untuk tingkat dasar yaitu di SD Negeri 6 Sekayu, tingkat menengah pertama SMP Negeri 1 Sekayu, menegah atas SPMA Negeri Sumbawa, tamat dari SPMA Sumbawa tahun 1980. SI dari Universitas Sakakerti Palembang pakultas Pertanian, untuk S2 dari Tridinanti Palembang dengan disiplin ilmu Managemen Sumberdaya Manusia. Kuyung Rusli mulai Mei 1980 sampai september 1980 menjadi tenaga honorer dikabuapaten Muba sebagai petugas lapangan / PPL.

Sementara budaya masyarakat Muba sedikit sekali yang mau menetap didaerahnya sendiri, umumnya Pemuda Sekayu menyukai merantau untuk mencari pekerjaan yang lebih baik, di daerah lain bahkan banyak putra Sekayu yang mengadu nasib ke pulau jawa. Lebih lagi bagi Pemuda Muba yang sudah mempunyai modal ilmu pengetahuan setidaknya tamatan SMA, seperti Kuyung Rusli.  banyak sekali pemuda yang meninggalkan daerah kelahirannya.

Tetapi Kuyung Rusli sebagai putra daerah tetap memilih daerah kelahirannya sebagai tempat mengadu nasip, ternyata Kuyung Rusli tergolong yang beruntung, pada bulan Maret 1981 Kuyung Rusli diangkat jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di tugaskan menjadi petugas lapangan / PPL dimana daerah itu merupakan tempat dia bekerja sebagai tenaga honorel, dibulan September 1984 keberuntungan nasipnya mulai tampak. Pada bulan yang sama September 1984, Kuyung Rusli dipercaya mengemban jabatan sebagai petugas perkebunan kecamatan.

Walaupun status Pegawai Negeri Sipil telah diraihnya, namun tekat untuk menimba ilmu tak pernah surut dihatinya, dengan bekal semangat yang membara  Kuyung Rusli melanjutkan pendidikan di Universitas Sakakerti Palembang, Fakultas  ilmu, Pertanian, sehingga gelar Sarjana S1, Pertanian diraihnya,  kemudian gelar  (S2) pun diselesaikan Kuyung Rusli di Univbersitas Tridinanti Palembang dengan disiplin ilmu, Managemen Sumberdaya Manusia.

Berkah dari kerja kerasnya, baik dalam menuntut ilmu maupun keuletannya melaksanakan pengabdian sebagai aparatur pemerintah daerah, Pemkab Muba juga mempercayakan Jabatan untuk diembannya. Seperti  Kacabdin Perkebunan di tingkat kecamatan di salah satu kecamatan dalam kabuaptem Muba. Selama lebih kurang dua tahun,(1996 dan 1997).

Ditahun 1997 Kuyung Rusli mengikuti Kursus Kepegawaian tingkat kepemimpinan (ADUM) selesai mengikuti ADUM. Kuyung Rusli ditarik ke Dinas Perkebunan kabupaten, dipercaya memegang jabatan kasubsi tanaman keras, kemudian tahun 1999 jabatannya naik menjadi kasi, hingga tahun 2000, selanjutnya  tahun 2002 di Roling sebagai kasi perizinan sampai 2007. dan pada tahun yang sama  2007 Kuyung Rusli di percaya untuk memegang jabatan kasubdin, kemudian  tahun 2009 dipercaya  menjadi sekretaris Dinas Perkebunan,  pada bulan April 2010 di tunjuk selaku Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas. Selama lebih kuran 5 bulan menjabat Plt Kepala Dinas. Kuyung Rusli tepatnya pada tanggal 6 Nopember 2010 dilantik secara divinitif menjadi Kepala Dinas Perkebunan hingga sekarang.

Dari perjalan panjang Kuyung Rusli meniti Karel  sebagai PNS sesuai dengan disiplin ilmu yang dia miliki dari Honorel hingga ke Jabatan Kepala Dinas Perkebunan, tentu juga bukan merupakan hasil kerja kerasnya Kuyung Rusli semata, dorongan moral dari isteri tercintanya Ibu HALIMA yang juga sebagai PNS di salah satu kecamatan dan sekarang  menjabat kasi pelayanan umum di kantor Kecamatan  Sekayu.  Dan ketiga buah hati mereka   LEO ARUL SAPUTRA , ST jebolan UPN Yogjakarta, AGUS KURNIAWAN SAPUTRA, yang mengambil  disiplin ilmunya Ilmu pemerintahan, dan kini telah menyandang glar Sip lulusan  dari  STPDN. Bandung, dan AKA ANGGARA SAPUTRA yang baru selesai ujian SMU di kabupaten Muba. Tentu juga mempunyai kiprah yang besar juga untuk menjadikan Kuyung Rusli seperti sekarang ini.

Ketika Wartawan, bininfor,com melakukan wawancara kepada Putra Daerah yang tengah menjabat jabatan Eselon II di Dinas Perkebunan Muba Rabu 04/05/2011 diruang kerjanya Kuyung Rusli memaparkan, perjalanan hiruk pikuk  dirinya berkarel di dunia PNS. Kuyung Rusli mengatakan, saya punya motto hidup “Mengabdi dan Bekerja Untuk Kepentingan Rakyat” dan saya hobby  Olah raga batminton, Kalau hobby yang lagi banyak digemari para perjabat  pemerintahan kita mulai, Bapak Presiden hingga Gubernur, Bupati, Walikota dan pejabat-pejabat Eslen II lainya seperti Bernyanyi atau Kraukean, Bagai Mana Pak…?, Kuyung Rusli langsung menjawab, Wah…! kalau yang itu, saya punya pengalaman waktu menghadiri acara di Pendopoan Kabupaten Muba. Salah satu kawan meminta saya untuk bernyanyi, dengan “rasa takut saya” mengatakan kalau disuruh memilih  Bernyanyi atau Jalan kaki sepanjang 10 km, saya memilih untuk jalan kaki saja. Kenapa begitu pak,,? Toh wajah Bapak ada kemiripan dengan Musisi Kondang Almarhum Charse. Wah.. suara saya Pales, kemudian saya dak tau apa harus Musik yang mengiringi lagu saya atau saya yng mengiringi Musik tandasnya,

Kuyung Rusli panggilan akarab dari sebagian insan Wartawan yang sudah mengenalnya secara dekat, kalau sosok tokoh Nasional yang bapak kagumi siapa…? dengan satun menjawab saya kagum dengan Presiden Soeharto, apa alasannya pak..? karena Soeharto memiliki Strategi dalam kepemimpinannya , dalam waktu 30 tahun kepemimpinannya selaku Kepala Negara bagus sekali, Misalnya dalam menjalankan Delapan jalur pemerataan pembangunan di wilayah NKRI, kita selaku rakyat mersakan apa yang telah dilaksanakan beliau dan bebar-benar menyentuh seluruh masyarakat di belahan bumi pertewi ini, contoh di Ogan Komring Ulu ketika itu ada pembangunan Irigasi Aper Komring, wah kalau dilihat sekarang mana ada lagi masyarakat belitang dan sekitanya yang tergolong miskin. Tandasnya, begitu pula soal didunia Pendidikan jaman kepemimpinan beliau selama 30 Tahun ada program SDN Inpres, dan biaya pendidkan dapat dikatakan cukup murah, tandasnya.

Kalau untuk sosok tokoh Dunia..? saya sangat kagum dengan tokoh Amerika seperti Jimmi karter dan Jhon F Kenedi. Alasannya pak..? sekelumit yang saya ketahui dan membuat saya mengagumi mereka, kedua tokoh ini, memiliki sosok “Pemimpin seorang Negarawan dar Dermawan” katanya.

Di tempat yang berbeda wartawan bininfor.com juga sempat mewawancarai salah satu teman SD Kuyung Rusli, tapi anehnya sahabat nya itu enggan namanya disebutkan. Menurut dia sosok Kuyung Rusli adalah seorang yang sejak kecil mempunyai rasa tanggungjawab yang tinggi, dan memiliki rasa sosial yang besar, maka kalau sekarang terlihat karakter dirinya, suka menolong dan disiplin,  itu merupakan cermin dirinya sejak kecil dulu, katanya singkat.

Bagai mana bapak melihat sahabat sejak kecil yang sekarang sudah menjadi salah satu pejabat eselon 2 di tanah kelahirannya sendiri,…? Saya sangat bangga, apakah bapak pernah silaturrahmi kepada Kuyung Rusli setelah menjadi Kepala Dinas Perkebunan,..? belum, kenapa Pak..? karena dunia kami berbeda  saya seorang pekerja swasta, bagai mana bapak mencermati motto hidup Kuyung Rusli, yang menyatakan   “Mengabdi dan Bekerja Untuk Rakyat”, sudah tepat motto hidup dia, karena Kuyung Rusli, mengabdi dan bekerja untuk masyarakat sekayu umumnya.  Ani ***

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.