www.bininfor.com

Bintang Informasi Rakyat

Mahasiswa/I YPP Antosias  Mengikuti Pelantikan Jurnalistik Tingkat Dasar.

Mahasiswa/I YPP Antosias  Mengikuti Pelantikan Jurnalistik Tingkat Dasar.

Prabumulih. Binifor.com-Persatuan Wartawan Indonesia PWI Perwakilan Cabang Prabumulih Sabtu 9/04/2016 melakukan kerjasama pelatihan jurnalistik tingkat dasar bersama Yayasan Pendidikan Prabumulih (YPP) dengan peserta kisaran 79  orang mahasiswa/i dari berbagai jurusan.

Peserta pelatihan kisaran 79  orang mahasiswa/i dari berbagai jurusan itu sangat antosias mengikuti kegiatan pelatihan yang disampaikan para moderator dari pengurus.

Pelatihan Jurnalistik tingkat dasar itu dibuka H.M Razid SAg Kepala Dinas Pendidikan Kota Prabumulih yang mewakili Walikota Prabumulih Ridho Yahya, hadir juga Ketua Yayasan Kosim Cikming, Pengawas Yayasan Zulkifli AB. Selain dari PWI Sumatera Selatan, Otaf Riady , Jon Hery, Firdaus Komar hadir sebagai Narasumber.

Atas nama Walikota H.M Razid dalam sambutannya mengatakan permohonan maaf karena Walikota Ridho Yahya tidak bisa hadir dalam acara pelatihan Jurnalistik ini dikarenakan Walikota Ridho Yahya masih ada di Jakarta dan baru pulang dari Yokjakarta melihat rencana pembangunan asrama Mahasiswa Prabumulih yang menuntut ilmu di sana.

H.M Razid, juga mengatakan untuk pemerintah kota prabumulih juga akan membangun asrama mahasiswa prabumulih di  sumatera selatan yaitu di daerah Jakabaring Palembang berikut Bus untuk mahasiswanya, termasuk untuk pengadaan kendaraan untuk mahasiswa/I YPP Kota Prabumulih ini katanya.

Diakhir sambutannya  H.M Razid membuka secara resmi pelatihan Jurnalistik tingkat dasar dan menyatakan semoga pelatihan ini dapat berjalan sukses serta bisa menambah wawasan bagi anak didik mahasiswa/I Yayasan Pendidikan Prabumulih ini pungkasnya.

Usai acara pembukaan moderator Agus Nadi dari PWI Prabumulih memulai acara pelatihan dan dia menjelaskan. Materi pelatihan dari masing masing Nara sumber, untuk H. Oktaf Riady SH, materi tentang hukum dan perundang undangan Pers.  Firdaus Komar, materi tentang teknik Wawancara dan Kode Etik Jurnalistik, Jon Heri materi tentang teknik Penulisan berita dan Menyunting berita.

Oktaf Riady menjelaskan Pers itu bukan pekerjaan, pers adalah profesi, dan pers mempunyai undang undang sendiri yaitu undang undang no 40 tahun 1999 tentang pers, serta memiliki kode etik jurnalistik, jadi sesungguhnya untuk menjadi wartawan harus professional dan tidak mudah menjadi seorang wartawan katanya.

Hal senada juga di katakana Firdaus Komar, wartawan harus menta’ati kode etik jurnalistik dan professional dalam menjalankan tugas jurnalistiknya. Melalui teknik wawancara yang baik sopan dan beretika katanya.

Jon Heri yang membawakan materi teknik menulis berita dan menyunting berita menjelaskan, dalam menulis berita wartawan harus memunuhi unsure 5.W 1.H dan harus bisa menyunting tulisannya untuk menjadi berita mulai dari tanda baca titik, koma, dan menggunakan kalimat-kalimat yang mudah di mengerti katanya.

Setelah Narasumber menyampaikan materi pelatihan jurnalistik, di langsungkan dialog dengan peserta pelatihan dan di peritah untuk menulis berita, bagi peserta yang berhasil menulis berita yang memenuhi unsure 5.W 1.H akan di beri cendera mata dari panitia pelaksana kegiatan.  di tulis Rendi Saputra  jurusan Sistem Informatika.***Ags

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.