www.bininfor.com

Bintang Informasi Rakyat

PAC LMP Gelumbang :INvestigasi & Kalrifikasi Dugaan Penyalahgunaan Dana Desa Payabakal

PAC LMP Gelumbang :INvestigasi & Kalrifikasi Dugaan Penyalahgunaan Dana Desa Payabakal

Gelumbang Payabakal. Bininfor.com- Ketua Anak Cabang Laskar Merah Putih Kecamatan Gelumbang Edi Candra selaku ketua Tim mengatakan, investigasi dan klarifikasi terhadap dugaan penyalahgunaan wewenang dan jabatan Kepala Desa Payabakal Suandi, itu bermula dari invormasi masyarakat setempat yang kita anggap layak dipercaya.

Yang mana warga masyarakat sebagai pemberi informasi mengatakan, Kepala Desa Payabakal dalam menggunakan dana Desa sejak tahun 2016 hingga tahun 2017 sarat dengan dugaan KKN, tidak ada keterbukaan, dan transpransi kepada masyarakat, dan tidak mau mendengar aspirasi masyarakat desa Payabakal. Ada tujuh poin yang kita memerlukan investigasi dan kelarifikasi dengan Pemerintah Desa Payabakal.
1) Tidak ada keterbukaan soal jumlah Dana Desa yang sudah diterima oleh desa di tahun anggaran 2017. (2) Musrenbangdes di DesaPayabakal hanya pormalitas saja, karena hanya dilakukan dengan koroni-koroni Kepal Desa saja, dan Kepala Desa tidak melibatkan unsure masyarakat.(3) Pelaksanaan Pembangunan yang ada, tidak menyerap aspirasi masyarakat, Bapak Kepala Desa tidak memperioritas apa yang diinginkan warga masyarakat.(4) Masyarakat berkeinginan dana desa dapat diperioritaskan dan dialokasikan untuk pemberdayaan masyarakat. Karena pembangunan inprastruktur di desa Paya Bakal sudah cukup memadai.

(5) Penggunaan dana desa mulai anggaran tahun 2016 untuk pembuatan Gudang dan di tahun 2017 untuk pembangunan jalan stapak dan Balai Desa diduga hanya sebagai ajang Bapak Kepala Desa mencari keuntungan pribadi dan memperkaya diri.(6) Pembangunan Inprastruktur ( jalan setapak) tahun anggaran 2017, diduga tidak sesuai dengan ketentuan Gambar dan RABnya. Dikarenakan nilai dana untuk, Pembangunan jalan setapak di Desa Paya Bakal tersebut tidak papan
informasi yang dapat diakses masyarakat. (7) Bapak Kepala Desa dalam penerimaan dana desa tahun 2017 diduga telah memberikan hadiah kepada Bapak Camat Gelumbang yang nilainya mencapai Rp 5.000.000,- (lima juta rupiah)

Dikatakan Edi Candra, dari ketujuh poin yang disampaikan warga tersebut, kita dari lakskar merah putih Kecamatan Gelumbang sudah memulai melakukan investigasi dan klarifikasi, terhadap pemerintahan Desa Payabakal Minggu 18 Juni 2017 sekira jam 11.00 wib siang, kita bertemu dengan Suandi, selaku kepala desa Payabakal di Rumah kediamannya. Pak Suandi secara kebenaran dampingi H. Amrullah selaku ketua BPD, pertemuan minggu 18 juni 2017 sekira satu jam itu pada intinya Pak Suandi membantah kalau dirinya dikatakan menyalahi wewenang dan jabatannya, kata Edi

Edi Candra menyatakan kita baru memulai investigasi dan mengklarifikasi apa yang disampikan warga, belum rampung, karena Pak Suandi baru sebatas menyatakan bantahanya, bahwa apa yang dia lakukan sebagai Kepala Desa tidak keluar dari ketentuan, tetapi ketika bicara soal data Pak Suandi mengatakan semua data seperti RAB, hasil Musrenbangdes, tidak ada dengan dia, data ada dengan perangkat desanya.

Karena itu kita bukan tidak mempercayai penjelasan pak Suandi kita selalu mengedepankan azas praduga tak bersalah, akan tetapi kita dari Laskar tentunya lebih yakin kalau semuanya dapat dilihat secara terang benerang, karena apa yang sudah di lakukan Kepala Desa, seperti hasil musyawarah desa, pelaksanaan pembangunan di desa yang menggunakan sumber dana Desa itu baik tahun 2016 dan tahun 2017, bukan merupakan suatu rahasia yang harus dirahasiakan, seuanyan sudah merupakan konsumsi public, oleh karena itu apapun hasil investigasi dan klarifikasi yang kita lakukan terhadap yang disampaikan oleh warga itu soal penggunaan dana Desa di Desa Payabakal, kita akan publikasikan dan buka secara terang benerang, pungkas Edi Candra . *** 18/06-201. Redaksi Bininfor.com

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.