www.bininfor.com

Bintang Informasi Rakyat

Prabumulih : Hasil Uji Publik 14 Parpol Setujui Dapil Seimbang.

Prabumulih : Hasil Uji Publik 14 Parpol Setujui Dapil Seimbang.

Prabumulih-Bininfor.com, Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama partai politik (parpol). Dalam uji publik penentuan dapil diputuskan, DPRD Kota Prabumulih sebanyak 14 parpol setuju dengan dapil seimbang

14 Parpol yang menyetujui dapil seimbang yaitu PDIP, PBB, Demokrat, PKPI, NasDEM, PKS, Gerindra, Berkarya, Garuda, Golkar, Hanura, PKB, PAN, dan PSI.

Adapun jumlah kursi DPRD dari Dapil 1 Prabumulih Utara dan Cambai sebanyak 7 kursi, Dapil 2 Prabumulih Timur sebanyak 9 kursi, dan Dapil 3 Prabumulih Selatan, Prabumulih Barat dan Rambang Kapak Tengah (RKT) sebanyak 9 kursi.

Sementara dua (2) Parpol yang bertahan dengan dapil lama yaitu  PPP dan Perindo. Kedua Parpol ini tetap mempertahankan. Dapil 1 Prabumulih Utara dan Cambai sebanyak 7 kursi, Dapil 2 Prabumulih Timur dan Selatan sebanyak 12 kursi, dan Dapil 3 Prabumulih Barat dan Rambang Kapak Tengah (RKT) sebanyak 6 kursi.

Ketua KPU, M Takhyul, SIP menerangkan, kalau semua sepakat. 14 parpol setuju dapil seimbang dan 2 parpol setuju dapil lama, maka hasil uji publik ini menjadi modal dan pertimbangan KPU Kota Prabumulih untuk mengusulkan dapil Pewmilu Legislatif (Pileg) Kota Prabumulih, melalui KPU Provinsi ke KPU Pusat.

“Hasil uji publik ini, akan segera kita sampaikan, parpol lebih memilih dapil seimbang ketimbang dapil lama, Dapil Seimbang dan Dapil lama keduanya telah memenuhi unsur dan prinsip penentuan dapil.

Masing-masing parpol sudah memberikan  masukannya kepada KPU Kota Prabumulih  kita hanya sebatas  mengusulkan, hasil uji publik ini untuk menjadi pertimbangan KPU Pusat, untuk menentukan dapil pileg. Karena Penentunya adalah kewenangan KPU Pusat, ungkapnya

M Takhyul, SIP  berharap ” usulan dapil pileg daerah Kota Prabumulih diakomodir KPU Pusat. Sehingga, dapil seimbang sesuai keinginan parpol, bisa diwujudkan. Pada pileg mendatang,” tandasnya.

Sementara itu, Komisioner Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Wawan Irawan, S.Si menambahkan, pada 14-17 Februari ini, keinginan parpol atas dua dapil tersebut akan kita paparkan di KPU Provinsi sebelum diusulkan ke KPU Pusat.

“Uji publik tersebut, akan menjadi lampiran dan pertimbangan bagi KPU Pusat. Untuk menentukan dapil pileg tahun depan, di kota ini,” ucapnya.

Wawan Irawan, S.Si menyebutkan, formasi dapil seimbang. sudah mengakomodir semua kepentingan parpol dan dinilai paling merata penyebarannya.

“Selain itu, penyebaran yang merata kursi di setiap dapil. Memberikan peluang bagi kader parpol, untuk bersaing memperebutkan kursi di setiap dapil pada pileg 2019, mendatang” jelasnya. ***Ags/hr

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.