www.bininfor.com

Bintang Informasi Rakyat

MEMBANGUN KERELAAN BERKORBAN UNTUK NKRI (009)

MEMBANGUN KERELAAN BERKORBAN UNTUK NKRI (009)

Oleh: Dr. Ir. Parlaungan Adil Rangkuti (PAR) MSi
Wisesa Utama Dewan Ketahanan Nasional RI

ARTI DAN MAKNA KERELAAN BERKORBAN

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), arti kata “berkorban” dengan kata dasar “korban” adalah: menyatakan kebaktian, kesetiaan, dan sebagainya; dan memberikan sesuatu sebagai pengorbanan untuk tujuan tertentu.

Pengorbanan seseorang terhadap sesuatu kepentingan merupakan proses, cara, atau perbuatan dalam memberi pengorbanan termasuk jiwa raganya. Kerelaan berkorban dari sesorang karena keberanian atau kekesatriaan dan pengorbanannya dalam membela kebenaran disebut sebagai pejuang atau pahlawan.

Para pejuang pahlawan bangsa rela berkorban untuk mencapai Indonesia Merdeka. Sejarah perjuangan bangsa menunjukkan bahwa untuk mewujudkan berdirinya NKRI sebagai negara yang merdeka dan berdaulat diperoleh dengan banyak pengorbanan lahir dan bathin dengan korban jiwa yang tidak sedikit.

Kerelaan berkorban untuk NKRI, dapat dimaknai sebagai sikap yang tulus dan ikhlas karena pada dasarnya para pejuang pahlawan bangsa tidak menghendaki sesuatu berupa pamrih pribadi, kecuali semata-mata untuk Indonesia Medeka dan kajayaan NKRI di masa mendatang.

Pahlawan dimaknai sebagai orang yang berjuang dengan gagah berani dan pantang menyerah dalam membela kebenaran.

Untuk menjadi pahlawan adalah hal yang memungkinkan bagi seseorang, siapa pun yang rela berjuang dalam membela kebenaran untuk bangsa dan negara Indonesia. Para pejuang pahlawan bangsa merupakan contoh kerelaan berkorban untuk NKRI.

Mereka maju kemedan juang merebut kemerdekaan, baik perjuangan phisik maupun perjuangan diplomasi mencapai Indonesia Merdeka.

Mereka berjuang terus melakukan upaya pembelaan Tanah Air pasca Kemerdekaan Indonesia untuk menjaga, membangun dan menjamin tetap tegaknya NKRI tanpa pamrih.

Para pejuang pahlawan bangsa telah menghiasi bumi Pertiwi, baik yang berada di berbagai Taman Makam Pahlawan maupun yang berada tempat lain di seluruh Nusantara menjadi saksi bisu kerelaan berkorban demi untuk NKRI.

Rela berkorban untuk menjaga, membangun dan menjamin tetap tegaknya NKRI, dapat diartikan sebagai sikap kesetiaan dengan kerelaan memberi pengorbanan lahir bathin secara tulus ikhlas sebagai konsekwensi dari tumbuhnya rasa cinta Tanah Air, kesadaran berbangsa dan bernegara serta kesetiaan kepada Pancasila untuk mewujudkan cita-cita bangsa.

BEBERAPA SIKAP KEPAHLAWANAN

Pahlawan bangsa adalah gelar yang diberikan kepada warga negara Indonesia atau seseorang yang berjuang menegakkan kebenaran dalam melawan penjajahan di wilayah Nusantara menuju Indonesia Merdeka dan berhasil mendirikan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Mereka gugur atau meninggal dunia demi membela bangsa dan negara atau semasa hidupnya melakukan tindakan kepahlawanan adalah pahlawan bangsa. Sesungguhnya para pejuang pahlawan bangsa adalah patriot sejati. Menurut KBBI, patriot mempunyai arti “pencinta (pembela) Tanah Air”.

Jika dilihat dari asal kata “patriot” dari bahasa Inggris mempunyai arti “one who loves and defends his or her country” (orang yang mencintai dan membela negaranya). Artinya seseorang akan berjiwa patriotik jika memiliki rasa cinta Tanah Air, paham kebangsaan dan kesetiaan pada Pancasila sebagai dasar dan idiologi NKRI.

Seseorang yang memiliki sikap patriot disebut patriotisme yakni mempunyai sifat kepahlawanan atau jiwa pahlawan untuk selalu membela keadilan dan kebenaran. Bangsa Indonesia memilki Pahlawan Nasional yang menjadi kebanggaan seluruh rakyat, tidak banyak negara di dunia ini yang mempunyai pahlawan nasional seperti bangsa Inodesia.

Patriotisme dapat dijabarkan lebih lanjut sebagai sikap yang berani, pantang menyerah, dan rela berkorban demi bangsa dan negara. Ciri-ciri patriotisme antara lain: 1) Berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negaranya dengan tulus dan ikhlas, 2)

Menempatkan kepentingan nasional di atas kepentingan pribadi atau golongan, 3) Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara tanpa pamrih, 4) Tidak mengenal menyerah untuk kepentingan bangsa dan negara, 5) Siap mengabdi kepada bangsa dan negara di mana pun berada, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Dengan ciri-ciri patriotisme tersebut setiap warga negara dapat melakukan upaya bela negara sesuai dengan profesi dan kemampuannya masing-masing agar NKRI memiliki daya tahan yang kuat, kokoh dan handal dalam upaya menjamin kedaulatan dan eksistensi NKRI serta ikut serta berperan mensukseskan pembangunan nasional untuk mencapai sasaran yang ingin dicapai menuju terwujudnya cita-cita bangsa.

KARAKTER SEORANG PATRIOT SEJATI

Seorang patriot sejati, selalu berpikir dan bersikap untuk ikut serta berperan dalam menjamin kedaulatan wilayah negara sesuai dengan geopolitik nasional yakni konsepsi Wawasan Nusantara dan membangun daya tahan bangsa dan negara sesuai dengan geostrategi nasional yakni konsepsi Ketahanan Nasional.

Perjuangan bangsa Indonesia telah berhasil dengan gemilang untuk meyakinkan dunia tentang keutuhan wilayah Tanah Air berdasarkan konsepsi Wawasan Nusantara, melalui konvensi hukum Laut Internasional oleh PBB (United Nations Convention on the Law of the Sea) disingkat UNCLOS ke-3 tahun 1973-1982.

Sebagai negara kepulauan, NKRI memiliki batas wilayah dari pulau-pulau terluar sejauh 12 mil laut dari garis dasar ke arah laut lepas ditambah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) yang luasnya 200 mil laut dari garis dasar pantai dengan hak eksplorasi atas sumber daya alam di dalamnya. Indonesia memiliki luas wilayah sebesar 5.455.675 km2 dan sekitar 70 persen terdiri dari laut. Seorang patriot sejati selalu ikut menjaga keutuhan wilayah dan memanfaatkan sumber daya yang ada di dalamnya bagi sebesar-besar kemakmuran rakyat. Tekad seorang patriot sejati “tidak rela sejengkal pun wilayah Indonesia lepas dari NKRI”.

Untuk mewujudkan tekad bangsa Indonesia sebagai bangsa pejuang yang patriotik, diperlukan sikap dan perilaku bersama untuk membangun ketahanan nasional yang kuat, kokoh dan handal.

Konsepsi Ketahanan Nasional mencakup delapan aspek (Asta Gatra) yang terdiri dari tiga aspek alamiah (Tri Gatra) dan lima aspek sosial (Panca Gatra).

Tri Gatra terdiri dari 1) Posisi strategis geografi Nusantara, 2) Kekayaan Sumber Daya Alam, dan 3) Potensi Sumber Daya Manusia. Panca Gatra terdiri 1) ideologi, 2) politik, 3) ekonomi, 4) sosial budaya dan 5) pertahanan keamanan (ipoleksosbudhankam).

Untuk membangun ketahanan nasional dalam aspek alamiah, setiap warga negara dapat ikut serta menjaga, membangun dan menjamin eksistensi NKRI pada aspek wilayah (geopolitik), sumber daya alam, dan aspek potensi sumber daya manusia.

Seorang patriot sejati, selalu berpikir dan bersikap ikut serta menjamin keutuhan wilayah Tanah Air dan berupaya ikut serta meningkatkan daya tahan NKRI untuk mengantisipasi dan mengatasi berbagai bentuk ancaman yang timbul serta memanfaatkan seluruh potensi nasional yang ada di dalamnya untuk mensukseskan pembanghunan nasional menuju Indonesia gemilang.

Karakter patriot sejati selalu berupaya berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negaranya pada berbagai aspek atau gatra dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Untuk membangun jiwa patriotik bagi setiap warga negara perlu memahami nilai-nilai kejuangan yang sudah disusun oleh generasi 45 dalam JSN 45 (Jiwa, semangat dan nilai juang 1945).

MENSUKSESKAN PEMBANGUNAN NASIONAL

Salah satu ciri negara maju adalah meningkatnya partisipasi rakyat dalam proses pembangunan bangsa dan negaranya, artinya ada peningkatan yang berkelanjutan keterlibatan aktif masyarakat secara komprehensif.

Partisipasi rakyat tersebut dapat berarti keterlibatan sejak proses penentuan arah dan kebijaksanaan pembangunan hingga pelaksanaannya di lapangan.

Proses penentuan arah dan kebijakan pembangunan, pemerintah bersama wakil rakyat di parlemen secara bersama-sama menentukan politik dan strategi pembangunan nasional yang dituangkan dalam konstitusi.

UU No 17 tahun 2007 tentang RPJPN (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional), merupakan acuan Program Pembangunan Nasional hingga tahun 2025. Seorang patriot sejati selalu mengacu kepada ketentuan konstitusi dan berupaya ikut serta mensukseskan pembangunan sesuai dengan profesi dan kemampuannya.

Memahami RPJPN dan Program Pembangunan yang sedang dilaksanakan oleh Pemerintah setiap tahun berdasarkan RAPBN/RAPBD serta memahami visi dan misi Presiden dan Wakil Presiden dikaitkan dengan Program Pembangunan setiap masa pemerintahannya, merupakan acuan utama untuk ikut serta berperan dalam mensukseskan Pembangunan Nasional. Untuk mendorong peran masyarakat ikut serta dalam proses penyusunan program pembangunan nasional dan sekaligus menyerap asperasi dari bawah, pemerintah melakukan program
Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) mulai dari tingkat desa/kelurahan hingga ke tingkat pusat di Bappenas (Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional).

Sesungguhnya konsep partisipasi masyarakat dalam pembangunan nasional di lapangan sudah mulai dikenalkan oleh pemerintah sejak awal tahun 1980-an melalui istilah pemberdayaan masyarakat. Masyarakat diharapkan dapat berpartisipasi dalam mensukseskan membangun serta menjaga lingkungan di mana mereka berada. Untuk mewujudkan keberhasilan pembangunan, inisiatif dan kreatifitas dari anggota masyarakat yang lahir dari kesadaran dan tanggung jawab sebagai warga negara, diharapkan tumbuh berkembang sebagai bentuk partisipasi.

Partisipasi masyarakat berarti eksitensi setiap warga negara seutuhnya sebagai kesadaran akan hak dan kewajibannya ikut serta dalam proses pembangunan sejak perencanaan hingga pelaksanaannya. Menurut para ahli ada beberapa aspek yang perlu ditumbuhkan dalam meningkatkan partisipasi rakyat dalam pembangunan yakni: 1) Kepemimpinan, terutama di level lapangan, agar menjadi teladan untuk mendapatkan kepercayaan rakyat; 2)

Komunikasi, untuk membangun kesamaan pandang terhadap program pembangunan terkait dengan potensi dan tantangan di lingkungan masing-amsing untuk secara bersama membangun kekuatan nasional dalam mensukseskan setiap program pembangunan, dan 3) Pendidikan dalam arti membangun potensi sumber daya manusia (SDM) agar memahami kemampuan yang semakin profesional dan berdaya saing dengan dukungan motivasi kuat untuk bangkit bersama menuju terwujudnya cita-cita bangsa.

MOTIVASI IKUT AKSI BELA NEGARA

Motivasi dapat diartikan sebagai dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu.

Motivasi ikut aksi bela negara berarti dorongan bagi setiap warga negara untuk melakukan suatu tidakan untuk ikut serta menjaga, membangun dan menjamin NKRI. Untuk menumbuhkan motivasi bagi setiap warga negara ikut serta aksi bela negara perlu membangun pemahaman atas tujuan bersama dalam rangka mencapai cita-cita bangsa.

Dorongan yang tumbuh dari dalam diri (instrinsik) dan dorongan dari luar (ekstrinsik) untuk berubah menjuju sukses, sangat diperlukan dalam suasana yang kondusif dan penuh harapan untuk lahirnya motivasi berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Sehingga setiap warga negara termotivasi ikut serta melakukan aksi bela negara, baik di lingkungan publik maupun di lingkungan masing-masing sesuai dengan profesi dan kemampuannya. Menurut para ahli, motivasi dapat menjadi suatu kekuatan bangsa dan negara, untuk bergerak bangkit atas dasar tujuan bersama yakni mewujudkan Indonesia yang gemilang.

Kondisi global saat ini menunjukkan bahwa negara-negara didunia sedang berlomba-lomba untuk kemajuan, merupakan momentum bagi bangsa Indonesia untuk bangkit dan maju bersama menuju Indonesia gemilang tahun 2045.

Motivasi setiap warga negara untuk ikut membela negara dalam arti ikut serta membangun dua poros pembangunan yakni Ketahanan Nasional dan Program Pembangunan Nasional, merupakan kunci suskses aksi bela negara.

Keberhasilan membangun ketahahan nasional dan pembangunan nasional di segala bidang kehidupan akan menghasilkan kesejahteraan dan keamaman yang sangat dibutuhkan oleh bangsa dan negara. NKRI dalam perjalanan sejarahnya selalu menghadapi masalah dalam berbagai bentuk ancaman dan sebagai warga negara dalam kehidupannya juga tidak terlepas dari berbagai macam masalah di lapangan.

Dalam kondisi seperti itu diperlukan motivasi kuat untuk berpikir dan bertindak dalam dua dimensi yakni mengedepankan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri sendiri. Namun juga harus dipahami bahwa kemampuan seseorang membangun dirinya agar lepas dari kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan juga merupakan aksi bela negara dengan catatan tidak melanggar etika, moral dan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Membangun motivasi berbuat yang besar untuk kepentingan yang lebih besar tidaklah mudah, memerlukan upaya dari dalam diri sendiri sehingga muncul motivasi kuat.

Ada beberapa kata kunci yang dapat dikembangkan dalam membangun motivasi diri untuk ikut serta dalam aksi bela negara yakni; 1) Menghayati dengan sungguh-sungguh bahwa Tanah Air adalah hasil perjuangan bersama penuh dengan keringat, air mata dan darah para pejuang bangsa, 2) Menyadari sepenuhnya bahwa Indonesia sebagai bangsa yang beragam yang memerlukan kesadaran kebangsaan, 3) Meyakini bahwa Pancasila merupakan dasar dan ideologi negara yang tepat bagi bangsa Indonesia, 4)

Sebagai generasi penerus perjuangan bangsa, harus mampu menjadikan diri sebagai patriot sejati yang rela berkorban untuk mewujudkan cita-cita bangsa, dan 5) Mempunyai sikap, tekad dan semangat untuk berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara dalam rangka bela negara, dan 6) Yakin terhadap kekuasaan Tuhan bahwa segala seuatu akan terjadi jika Tuhan menghendaki, oleh karena itu setiap langkah diiringi dengan doa.

Untuk mendorong dan menggelorakan aksi bela negara perlu dikembangkan semboyan motivasi bela negara yakni: “Aku Cinta Tanah Air, Aku Indonesia, Aku setia kepada Pancasila, Aku patriot sejati, Aku siaaaap …membela negara”, Semoga NKRI jaya dan abadi, Amin. Semoga bermanfaat.

(Bersambung ke 010)
Kampus IPB Darmaga Bogor, akhir Oktober 2019
P.A. Rangkuti. Penulis : Novi wrt

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.

downloadfilmterbaru.xyz nomortogel.xyz aplikasitogel.xyz hasiltogel.xyz paitogel.xyz