UPAYA MENJAGA KEUTUHAN KEDAULATAN NKRI

Sumsel-bininfor.com-Badan Pengembangan Hukum Nasional (BPHN) yang bekerjasama dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan.,  selenggarakan seminar adapun tema yang diseminarkan adalah  ASPEK HUKUM  DALAM UPAYA MENJAGA KEUTUHAN KEDAULATAN NKRI.

Upaya Menjaga Keutuhan Kedaulatan NKRI” Badan Pengembangan Hukum Nasional (BPHN) yang bekerjasama dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan.,  Kamis   14 Juli 2011 jam 08.00 WIB bertempat di Hotel Horison Jl. Kapten A.Rivai Palembang selenggarakan seminar adapun tema yang diseminarkan adalah  ASPEK HUKUM  DALAM UPAYA MENJAGA KEUTUHAN KEDAULATAN NKRI

Sadikin Sabirin, SH.,MH sekretaris BPHN, dalam laporannya mengatakan penyelenggara seminar ini merupakan buah dari kerja sama kita dengan Kanwil Kementerian Hukum dan Ham Sumatera selatan. Selain itu Sadikin Sabirin,berharap agar seminar yang dilaksanakan ini dapat menjadi bagian dari barometer kita dalam UPAYA MENJAGA KEUTUHAN dan KEDAULATAN Negara Kesatuan Republik Indonesia tandasnya.

Dijelaskannya bebeberapa materi atau makalah  yang akan disampaikan  antara lain, pertama penyajian Makalah yang diberi judul Berbagai Kendala Hukum yang dihadapi dalam mempertahankan keutuhan kedaulatan NKRI dan solusinya” Makalah kedua berjudul “Urgensi Penguatan Hukum Nasional dalam mempertahankan keutuhan kedaulatan NKRI dalam Perspektif hukum Internasional” Makalah ketiga yang berjudul “Peran Pancasila sebagai sumber dari segala hukum dalam menjaga keutuhan kedaulatan NKRI”.ungkapnya

Usai penjelasan dari Sekretaris BPHN, Kepala BPHN Dr. Wicipto Setiadi, SH.,MH selaku, dalam penyampaiannya manyatakan untuk Keynote Speech yang saya beri judul “Arah Politik Hukum Nasional Dalam Menjaga Kedaulatan NKRI” dalam seminar ini dapat membuahkan hasilguna bagi bagi kita semua dalam menentukan arah politik hukum nasional kita guna menjaga  keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta ini, harapnya.

Pada penyajian makalah pertama, Brigjen Pol Dr. HM. Said Saile . M,Si dari Lemhanas. Menyampaikan dan menjelaskan makalahnya yang berjudul “Berbagai Kendala Hukum yang dihadapi dalam mempertahankan keutuhan kedaulatan NKRI dan menurut dia solusinya adalah kita sebagai komponen bangsa harus memiliki rasa kesatuan yang kokoh dan dapat melihat dan menjadikan aspek hukum  sebagai landasan, kekuatan dan ketegasan kita dalam mempertahankan keutuhan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia  katanya

Begtitujuga Penyajian makalah kedua oleh Dr. Mahmud Syaltout selaku executive diorector of center for global civil society studies pacivis. yang berjudul “Urgensi Penguatan Hukum Nasional dalam mempertahankan keutuhan kedaulatan NKRI dalam Perspektif hukum Internasional” karena itu kita sudah harus ada uapaya untuk penguatan hukum nasional guna penikatan argumentasi kita pada dunia internasional paparnya.

Dr. J Kristiadi selaku peneliti CSIS sebagai penyaji makalah ketiga yang berjudul “Peran Pancasila sebagai sumber dari segala hukum dalam menjaga keutuhan kedaulatan NKRI”.

Pada ahir penyelenggaraan seminar itu, Rahmat Trijono, SH. MH selaku ketua perumus, menyampaikan  dari beberapa penyajian makalan yang dibahas dan dijelaskan dalam seminar sehingga mengerucut kepada rumausan sementara,

Acara seminar ditutup oleh Drs. Sutarmanto, MM selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan. Dan Sambutannya mengatakan Seminar tentang Aspek-aspek Hukum dalam Upaya menjaga keutuhan kedaulatan NKRI resmi ditutup.

Drs. Sutarmanto, MM juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah hadir sebagaipeserta seminar hari ini, dan kepada semua pembawa dan penyaji makalah yang telah dibahas dan dipaparkan semoga bisa memberikan kontribusi dan hasil guna untuk kita semua dan dapat dijadikan pemahaman, pandangan kajian dari segala  Aspek-aspek Hukum dalam Upaya menjaga keutuhan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta ini tandasnya. Sumber Kanwil Kemenkumhan Sum-sel.

 

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment